Sunday, November 25, 2012

Kwetiau Akang - The Best Kwetiau I Have


KWETIAU AKANG
Kelapa Gading
Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok TN 2 No. 36
Kelapa Gading – Jakarta Utara
Phone : 021.4508888/4508780


Waktu Operasional: 

Mon - Fri : 11.00 - 15.00 (exc weekend)
& 19.00 - 02.00
Sat - Sun :
19.00 - 02.00
 
Restaurant Ratings
  • Taste (5 of 5)
  • Environment (3 of 5)
  • Service (3 of 5)
  • Clean (3 of 5)
  • Price (3 of 5
    If u dont mind pls read my review here.. ( 'o',) thanks...

Sering kali teman sekitar saya menanyakan berbagai tempat makan enak ‘dimana dan dimana’?? dan sering kali pula saya agak bingung menjawab nya, dikarenakan yang saya tahu setiap selera seseorang pastilah berbeda, tetapi untuk pertanyaan ‘dimana kwetiau paling enak menurut u’ pastilah dengan cepat saya bisa menjawab ‘AKANG!!’ haha.. bukan promosi sich, saya tidak ada sangkut paut dengan keluarga pemilik KWETIAW AKANG asal Medan ini.

Tetapi sejak pertama kali saya mencoba kwetiaw ini beberapa tahun lalu, saya sudah jatuh cinta :P – lebay gak c?! haha..

Kwetiaw ini khas dengan cara masak nya yang menggunakan tungku arang, konon panas dari bara arang lebih awet dan tidak cepat menjadi dingin ketika santapan belum habis. Di samping itu, panasnya bara arang memberi karakteristik masakan kwetiau yang kering - tidak lengket, aroma harum kwetiau yang dimasak di atas bara arang juga pasti lah berbeda.


Setiap gerai Kwetiau Akang pastilah dikelola langsung oleh sanak saudara sendiri, dimulai dari cabang pertamanya di Muara karang, lalu di Jakarta Selatan, Kelapa Gading, Mangga Besar, Taman Palem Lestari Indah, Gading Serpong. (dan mungkin ada cabang lainnya yang belum saya ketahui).


Selain kwetiau, tempat ini tentu nya juga menjual seperti Mie, Bihun, dan Nasi (Goreng,Siram, Kuah) – Nasi gak ada yang kuah =P ada nya Nasi Siram ~ saya juga belum pernah mencoba menu ini sich ^^ Yang unik ada menu Kwetiaw, Bihun, Mie Tomat Basah, jadi rasanya asam manis gitu dech.

Menu saya tidak banyak berubah, saya penggemar menu KWETIAU SIRAM KEPITING (kwetiau goreng polos yang kemudian disiram dengan kuah kental), untuk semua menu bisa ditambahkan kepiting dengan menambahkan kocek sebesar IDR 8 K, untuk 1 plastik kecil yang sudah ditakarkan – tidak banyak, tetapi pas kq.



Untuk isi dari kwetiau nya bisa direquest untuk pilihan: Hupia (Bakso Ikan), Hepia (Udang Cincang), Casio (Babi Merah), Lap Chiong (Sosis Babi), mana yang mau dan yang tidak – kalau saya sich suka semua nya :D hehehe..


Untuk Udang, seperti nya memang sudah dihitung, setiap saya ketempat ini udang nya selalu 3 buah, entah itu kecil, sedang, atau pun kadang udang nya memang gendut-gendut :P tetap 3 buah :) – are lucky to get a big prawn?! Hahaha..

Untuk KWETIAW GORENG, Irisan daging sapi cukup banyak dan kenyal, isinya kwetiaw ini memang cukup ‘ramai’. Untuk sayurnya ada tauge dan caisim (sawi hijau). Bagi yang vegetarian, tersedia juga lho kwetiau polos (hanya berisi tauge dan caisim)- harganya pun disesuaikan cz tanpa daging-dagingan pastinya lebih murah.


Dibeberapa outlet Kwetiau Akang, juga disediakan aneka menu pembuka seperti otak-otak ataupun wotie/kuotie, semacam pangsit dengan daging cincang isi yang digoreng. Dikarenakan kota asal Kwetiaw ini adalah Medan, minumannya pun juga ada yang khas Medan, yakni Liang The,  Es Kietna,  dan Badak (semacam sarparila, seperti root beer).

Dan baru kemarin ini, saya baru saya melihat tempelan baru pada dinding restaurant ini, sekarang juga ada menu khas Medan nich, yakni PANCAKE DURIAN, karena kebetulan saya menyukai menu ini, maka saya pun cukup penasaran dan memesannya, harga satuannya IDR 16 K. Agak mahal memang untuk sebuah makanan kecil, tetapi di kota asal nya pun harga cukup beragam, dari satuan IDR 10 K - 25 K, dan menu ini cukup tenar dikota nya lho :)

Warna pancake memang tidak terlalu menggembirakan, warna pada gambar begitu kuning dan menggairahkan, akan tetapi pancake yang saya coba ini berwarna putih sedikit kuning, hmpp.. ternyata memang durian tidak terlalu manis, cukup oke lah buat yang ingin sekedar iseng kangen menu ini.

PLUS: 
Charger Plug


MIN:
Nothing for now

Berikut beberapa tempat Kwetiaw Akang lainnya :

Pondok Indah
Jl. Sultan Iskandar Muda 25E
Arteri Pondok Indah
Jakarta Selatan
021 7291664/72914918

Gading Serpong
Ruko Gading Serpong Bl BA-4/31
Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong

Mangga Besar
Jl. Mangga Besar Raya No. 2C
Jakarta Barat
021.62317072

Taman Palem
Jl. Taman Palem Lestari Blok A 37 , 15,
Cengkareng, Jakarta Barat
021.5557761

No comments:

Post a Comment

M