Sunday, December 9, 2012

BONG KOPITOWN - Kedai Kopi ala PENJARA


BONG KOPITOWN
Jl. Raya Boulevard Blok PD 1 no. 5-6
Kelapa Gading - Jakarta Utara

F: Bongkopitown
T: @Bongkopitown
  
Spending: IDR 30 - 50 K

Restaurant Ratings :
  • Taste (4 of 5)
  • Environment (4 of 5)
  • Service (4 of 5)
  • Clean (3 of 5)
  • Price (3 of 5)

If u dont mind pls read my review here.. ( 'o',) thanks...

Hari minggu, jadwalnya bangun agak siang, seperti biasa kalau naga diperut belum manggil belum saat nya bangun~ Hari ini naga saya menuntut hidangan sarapan yang tergeser hingga siang hari, bangun dan dimulai untuk pencarian makanan yang asyik dikunjungi dikisaran Kelapa Gading, memang banyak sich restaurant dikisaran kanan-kiri jalan, tetapi kadang yang mood dan pas dikantong memang sedikit susah.

Sekilas saya melewati tempat baru bernama BONG KOPITOWN, dengan design mayoritas berwarna hitam gelap, dan jeruji besi disetiap jendela nya, unik dan terkesan misterius sich, sedikit saya lewati, ada tulisan dibagian depannya The happiest Prisoner On Earth, kq Prisoner ya? Baru sedikit tersadarkan kalau tempat ini sesuai dengan namanya BONG, yakni ‘Penjara’, karena terlihat unik akhirnya saya pun tertarik untuk memasuki tempat ini.

Walaupun siang, nampak ruangan didalam tidak terlalu terang, lampu sedikit redup, dan benar sekali memang tempat ini berkonsep ‘Penjara’, hmp, bagaimana kalian berpikir tentang konsep ‘Penjara’? kotor, ancur-ancuran, jorok? Wkwkwkw No.. No.. No.. ‘Penjara’ ala Bong ini, penjara yang asik koq, tempat nya bersih dan tertata rapih, design nya simple namun menarik.


Disekitar ruangan saya bisa melihat berbagai macam design tempoe doeloe menyelimuti tempat ini, dimulai dari coretan pilox bergambar macan besar ala film kungfu, lalu design di bagian tengah dengan aneka ragam peralatan kuno seperti mesin tik dan seterikaan lama (yang berat nya ewwwwwwà saya masih nyimpen satu nich dirumah hehe – berharap jadi barang antik dan mahal dikemudian abad -.- ckckck), ada pula video-video kungfu, dan piringan hitam nya, semuanya tertata rapih dan menarik.

Saya duduk di kursi lantai bawah dekat si lukisan macan, saat itu saya tidak tahu kalau ada bagian lantai 2 nya, dengan design yang lebih oke punya, seperti ada manusia kayu (untuk latian kungfu),dan lainnya seperti pada foto saya berikut:


Dan katanya bisa buat nonton bareng nich saat acara bola berlangsung.

Ketika saya duduk, saya agak bingung untuk mencari buku menu, karena saya tidak menemukannya, malahan meja saya berisikan koran kecil dengan artikel wajah buronan dalam bentuk karikatur, dan ternyata itulah buku menu nya, hahaha.. 


Buku menu tampak sangat interaktif, Upss maksud saya ‘koran menu’, penuh gambar dan cerita-cerita, lucu-lucu sich, tapi sayangnya inti dari makanannya sendiri yang agak tidak ter-jabarkan, saya sendiri sampai beberapa kali memanggil dan menanyakan perihal menu yang ingin saya pilih.
Seperti menu NASI PENJARA, apakah itu Nasi penjara? Wkwkw denger nya sich agak serem ya hahaha.. tapi kan penasaran, dari gambar sich cukup oke, tapi sedikit tidak yakin dengan penjabaranya, rupanya nasi penjara disini adalah nasi goreng yang disiram oleh kuah cap cay.  Dari harga c oke, tidak terlalu mahal, akan tetapi akhirnya saya berminat untuk mencicipi menu lain nya.

Tadi nya juga mau coba menu Chicken Nasi Lemak nya, sayang nya masih lama katanya hiks sekitar 20 menit, uichh cukup lama…  so saya berganti menu ke PENANG FRIEND NOODLE, yang saya rasa pilihan saya yang TEPAT!! Sejujurnya cukup banyak mie penang lainnya yang pernah saya coba disekitaran kopitiam-kopitiam sejenis, namun sepertinya saya jatuh cinta pada mie penang di tempat ini.

Kekenyalan mie nya pas, dengan rasa sedikit manis, dicampur dengan udang dan potongan baso goreng tidak hanya itu hati-hati karena Mie ini memang tertulis pedas (tidak terlalu-untuk ukuran saya) ada sedikit potongan cabe yang tersembunyi, so yang gak suka cabe ati-ati kegigit, bisa seketika tersadarkan tuch hahahhaha.. Mie memang berukuran agak besar dari mie normal nya, namanya juga mie Penang ya hehehehe.. Ya! saya menyukai menu pilihan saya ini, two thumbs up for  Bong Kopitown.

Selain itu juga saya mencoba untuk mencicipi MENU BURONAN  MR KEN – HAM PAN, apa itu Ham Pan?? Hahaha.. itulah pertanyaan yang juga sempat saya tanyakan ke Mba Napi disini, (kenapa dibilang Mba Napi? Cz mereka menggunakan seragam layaknya didalam penjara, garis-garis hitam putih, namun ditempat ini seragam napi nya bagus lhoo… Mba nya juga memang cantik dan baik-baik *setidak nya sabar saya panggil untuk nanya berulang-ulang ~ hahaha…)


Han Pam, itu dibuat dari tepung beras dengan taburan ‘tong cai’ diatasnya – tong cai itu sayuran lobak yang diasin kan, biasanya ada untuk perpaduan bubur atau nasi tim, atau bisa dimenu-menu lainnya sich, so Han Pam adalah perpaduan dari tepung beras yang bersifat plain, tanpa rasa dan asin dari Tong Cai nya, cukup oke dan menarik.

Untuk minuman saya hanya memesan secangkir ICE TEA, dan untung nya boleh di refill 1x xixixxixi (entah asli nya bisa di refill atau tidak – karena memang tidak  tertulis untuk di refill didalam menu nya)

OVERALL:
Suasana baru seperti ini memang menarik untuk dikunjungi, tidak hanya tempat dan suasana, menu-menu nya pun cukup bervariatif dan nikmat. Just try it ;)

Sekilas tentang Bong Kopitown,
Bong kopitown memang hasil usaha dari motivator termuda no.1 di Asia, BONG Chandra (1987). Setelah sukses dibidang property, akhirnya Bong berniat untuk mengembangkan usahanya dibidang kuliner, maka dibukalah Kopitown ini.

Makna kata ‘The happiest Prisoner On Earth’,
Tidak semua narapidana harus menderita karena makanan yang tidak enak, terutama saat mampir ke tempat ini, restaurant bergaya penjara pertama di Jakarta yang akan menjadikan anda narapidana paling bahagia di dunia.

 Kata-kata Motivasi yang saya sukai ditempat ini,
“Dalam menghadapi sebuah masalah, jangan seperti telur yang direbus semakin keras dan wortel yang direbus semakin lunak, jadilah seperti kopi yang diseduh semakin harum” 

PLUS:
Charger Plug - Some
Nice Hang Out
Nice Service

MIN:
Nothing for now.

No comments:

Post a Comment

M