Wednesday, November 7, 2012

Medan ( Danau Toba ) Day 1 of 3

Kali ini mengenai perjalanan kami ke kota Medan,

Rute Hari ke-1 ( Medan to Parapat ):

- Ps Bengkel
- Pemantang Siantar ( Roti Ganda )
- Siantar ( Kuil Kwan Im )
- Pelabuhan Kmp Tao - Danau Toba
- Tomok

If u dont mind pls read my review here.. ( 'o',) thanks...

 Awal nya sering banget kami mendengar kata orang sekitar, Danau Toba - Danau Toba, makanan Medan enak-enak dan sebagainya. 
Dipicu lagi oleh banyak nya turis asing yang juga mengunjungi kota tersebut, hmpp.. bagaimana mungkin kita yang penduduk asli Indonesia malah mau nya pergi nya ke luar ngeri saja? – keren gitu? Hmp, saya sich dimana aja oke.. mau luar ataupun dalam negri semua mempunyai khas dan pesona nya masing-masing.
Walau saya sama sekali tidak ada keluarga disana, saya pun nekad merencanakan traveling ke kota Medan ini.
Tepatnya 13 April 2012, saya mengunjungi suatu pameran travel dijakarta - Grand Indonesia, dan disana sedang ada promo nya si Citilink, saya kesana seusai kerja sekitar jam 8 an, dan Wow..! antriannya memang sudah panjang abies, dan pas promo yang ditawarkan pun domestic, singkat cerita saya mengantri hingga selesai tepatnya jam 1.30 dini hari wkwkww, cape? Iya sich.. tapi seru nya itu lho.. jarang-jarang di mall GI pagi begini hahaha.. ~ semua hal yang dilakukan dengan senang hati pasti nya tidak akan ada beban. Promo yang saya dapatkan PP Medan - 330.000/orang. Murah gak sich ya? – ada yang bilang ya emang segitu, ada yang bilang murah Hmp, ya sudah di beli happy aja la.. wkwkw..

Jadwal saya saat itu :
19 Oct 12 – Jkt – Medan, 05.50
21 Oct 12 – Medan – Jkt, 21.20

Haha.. ini salah satu unsur ogi :D ogah rugi, berangkat pagi banget-banget, dan pulang mau nya c malem-malem banget hahaha.. biar puas jalan-jalannya..
Dari bulan April – September rasa nya cepat sekali, malah kaget rasa nya sudah mau mendekati Oktober, kya.. mulai panic sana-i. buka-buka Mr.google, buat saya sich yang terpenting saat melakukan perjalanan ialah hotel dan kendaraan, pengalaman saya di Bali bulan Juli lalu membuat saya kembali ingin menggunakan jasa sewa mobil inc driver saja dech, tidak pusing dan aman.

Dapat lah saya sewa mobil & driver selama 3 hari – 2 malam seharga Rp. 1.450.000,- ( sudah termasuk bensin, driver, penginapan supir), yang belum termasuk adalah makan supir & tips tentunya. – DP yang dibayarkan pada saat awal senilai Rp. 300.000,- pelunasannya pada saat kami sudah sampai di Medan.

Jumat, 19 Oct 2012

Pesan taxi dari rumah di BSD, sudah dijemput 03.30 T.T”~ gpp sich karena toh malem nya pada gak bisa tidur, karena mikirin harus bangun pagi >.<”~ haiyaaa…

Sampai dibandara jam 04.15 an, berhubung pagi – jalanan masih sepi nget nget..
Check in, dll.. sampai akhirnya menunggu keberangkatan, dan untunglah jadwal ontime. Dan singkatnya kami tiba di bandara Polonia sekitar pukul 08.30 ( tidak ada perbedaan waktu antara Medan dan Jakarta).
- CITILINK, ME & MY MOM -
Katanya sich orangnya bakal menuliskan nama saya pada selembar kertas di pintu kedatangan, tapi kq tidak terlihat ya, untunglah sebelumnya saya sudah menanyakan no hp driver nya, Bang Nasution, saya langsung telp dengan agak worried tentunya ( worrie dkalau ditipu, dan tidak ada transportasi saat ini.. hiks2), dan untunglah semua yang ada di bendak saya tidak terjadi, telp langsung diangkat dan ketemu!^^ horay thanks God d..

Kami memasukan barang-barang kami dalam mobil, dan berangkat!

Dan ini lah kota Medan :P
Ach ya, sesaat dimobil bener aja udah ditanyain pelunasannya :P hehehe, sudah diatur, akhirnya untung saja saya siap Internet Banking walau di dalam mobil sekalipun, dan ternyata drivernya minta uang bensin awal nya minta isi 250K, saya deg-deg an aja kalau nambah lagi, ternyata ngak – karena buat ngelempengin transferan isi bensinnya menjadi 150 K saja d.. jadi sisa 1jt nya saya transfer.

Sesuai rencana, hari pertama kami ingin segera menengok Danau Toba, so kami melangsungkan perjalanan kami menuju Parapat.

Diperjalanan yang kaku, karena belum saling mengenal tentu nya, coba saya cairkan dengan bertanya-tanya seputar kota Medan, saya ingin agar si abang bisa ngasih tahu juga tempat-tempat yang bagus kisaran perjalanan ini, toh katanya perjalanan Bandara Polonia-Parapat akan memakan waktu sekitar 3-4 Jam, weww.. dengernya aja udah jauh bener, dan ini bukan lewat tol seperti dari Jakarta- Bandung lho, tanpa tol.. Seram gk sich?! :D – saya sich uda kebayang pegel nya.. :P

Akhirnya as request saya yang banyak bener, kami melewati ps Bengkel, tempat ini kanan-kiri pohon-pohon an saja, dan seperti di bogor banyak sederetan toko kecil yang menjual cemilan-cemilan, dan menurut info yang saya dapat di internet tempat ini terkenal akan dodol nya, Rp. 30.000/kg.

Kami menghampiri salah satu toko nya, dan mencari dodol tersebut, ternyata dodol nya memang masih traditional, masih dalam suatu ember besarr.. dan ketika kita memesannya akan diambilkan, rasa nya ada 4 macam : Durian, Original, Pandan, Kacang.
- PS. BENGKEL - DODOL -

Saya juga tidak kebayang 1 kg tu seperti apa.. sebayangan saya kayak nya gedeee gtu :P ternyata ½ Kg nya tu sekitar 1 plastik makan yang biasa beli nasi kuning di pasar – gak gede-gede amat.. Harga ½ kilo nya 15rb, dan jadi nya saya membeli ½ - ½ kilo saja dech.. biar mudah makannya, untuk yang sudah di bungkus kecil-kecil pun sudah ada, tetapi dengan harga yang berbeda hehehe.. 

Selain dodol, beraneka ragam makanan kecil ada disini, diantaranya kue kacang, sagon dan lainnya.. Karena perpikir perjalan kita masih panjang, so gk berani de beli terlalu banyak, jadi hanya beberapa saja dech..

Setelah melewati ps Bengkel tersebut, badan saya sudah terasa kaku, duduk diam saja, akhirnya saya pun sudah mulai banyak ganti gaya di dalam mobil – dari duduk, bersila, main game, denger music, sampai tiduran :D kayak nya kaki si mama lebih pegel lagi dech ditindihin saya hehehe :D

Tepat jam 12.00 saya sampai di kota Pemantang Siantar, kota yang dianugerahi sebagai kota Adipura karena kebersihannya, wah-wah seperti apa ya kota nya, Sebenarnya kota nya normal, tetapi memang kota ini jarang banget ditemui sampah yang berserakan layak na kota Jakarta. Nice^^ dan boleh ditiru, seandainya kota ku di Jakarta bisa bersih begini, pasti nilai plus nya lebih banyak d ( yang pasti lebih aman dari banjir kan?! :p - dimulai dari diri sendiri dlu pastinya, buang sampah ya gk sembarangan kan? )

Di kota Pemantang Siantar ini kami diantar ke tempat Roti Ganda, Roti fenomenal hahah.. katanya kalau ke Pemantang Siantar tidak beli dan mencoba roti ini? Sama aja tidak pergi kesini.. wkwkwkw.. So, kudu dicoba! Dan benarrrr wedeeww rame nyaaaaaaa… ampun-ampun d.. Bisa masuk ke dalam nya saja sudah hebat hahahaha.. saya bingung masuk nya, sudah masuk – ini mesen nya dimanaaa ya? Toko nya seperti kios memanjang gtu d..

Ternyata kita harus merapat ke penjual nya – macam di toko obat d, jadi kudu ngom mo beli yang mana, detiap bagian toko beda-beda roti na ( roti na sama – tp ukurannya beda ), roti ada 2 macam, roti pandan, dan normal – alias original, selai nya juga ada 2 macam: mngunakan selai srikaya, atau cream+meises chocolate. Ukurannya pun ada yang kecil banget ( skitar diameter 5cm), ada yang sedeng, ada yang besar layak na roti tawar.

Roti ganda itu, seperti roti tawar tapi dibelah 2, dan ditengah nya diberi selai atau cream tersebut, Karena suasana padat awal nya saya tidak tahu kalau ada yang rasa pandan, dan akhirnya saya memutuskan untuk membeli yang ukuran besar 1 – dengan selai dipisah ( agar tidak cepat rusak ) jika selai disatukan paling awet 1 hari, kalau dipisah bisa 3 hari katanya. Dan roti yang kecil-kecil 3 choco & 3 srikaya, untuk driver dan kami.
Harga :
Roti Besar : 16 K
Roti Kecil : 2.5 K
Yang ukuran sedang saya tidak tahu.

A. ROTI DIBELAH DUA | B.ROTI MINI | C. ROTI DIPOTONG | D. DIBUNGKUS

Menurut saya roti ini tidak terlalu seenak yang dibayangkan, roti nya agak kasar.. So far selai nya oke.. nyum nyumm.. banyakkk.. sampai luber-luber di depannya.. Untuk yang meises itu normal - nothing special c - cuma biar tahu tetap kudu mampir ke toko ini.^^

Didepan toko ini pun ada yang menjual Ice Tea - seperti layak na penjual teh bubble di Jakarta.
Dan saya pun membelinya, uniknya buble jelly yang dijual disini dihitungnya per sendok :P – sadis ya.. 1 sendok makan Rp. 500,- hahaha.. sampe bingung nyebutnya mau berapa sendok >.<”~ karena gak pernah beli per sendok.. wkwkwkw..

- RAMAI NYA TOKO INI - ME, MY MOM AND TOKO ROTI GANDA -
Perjalanan dilanjutkan ke Siantar – disini ada Kuil Kwan Im yang besar, dan kami pun mengunjungi nya, Kuil nya lumayan besar, dan banyak patung-patung menarik seperti 12 shio, dewa perang, lonceng besar, dan tentu nya patung dewi Kwan Imm yang besarrrrr bangetzzz..

- KUIL KWAN IMM SIANTAR -
Dari tempat ini sekitar 30 menit an lagi memasuki wilayah Marcopolo Parapat, disini mobil akan dimintai biaya restitusi sebesar : 2rb/orang dan mobil 5rb, untungnya mobil yang kami naikin ini baru saja kemarin ke Danau Toba, dan stiker nya masih menempel hehe.. jadi nya mobil nya tidak dimintai biaya lagi dech :P hehehe..

Memasuki penyebrangan kapal ferry Ajibata, pelabuhan Kmp Tao Toba, tempatnya bisa dibilang acak-acak an, agak kotor sich – menurut saya lhooo.. boleh kan berpendapat :P
- JADWAL FERRY AJIBATA - TOMOK -
Untuk 1 mobil dikenakan biaya Rp. 95.000,- untuk menyebrang, tidak perduli berapa banyak isi orang didalam mobilnya, beda lagi buat mini bus/ bus beneran hehehe..

Mobil pun mundur kedalam kapal, beruntung kami bisa dapat dipinggir kapal, sehingga kami bisa menikmati suasana danau dari dalam/pun luar mobil.

Sebelum berangkat, karena posisi kami dipinggir, banyak sekali anak-anak yang bermain air dan meneriakan kata-kata ‘lempar koin nya bang’ – ‘lempar koin nya kak’, dengan logat batak tentu nya, dan mereka tidak mengenakan pakaian, so.. kalau kalian melemparkan koin/ uangnya, mereka akan lompat dari kapal dan berenang mengambil koin tersebut di dasar.. unik dan menarik! Alhasil kami melemparkan sisa koin kami cukup banyak disini, dan mereka masih menyerukan ‘lempar uang kertas nya kak’ >.<”~ welehhhh… hahahaha..
- SUASANA DI KAPAL FERRY AJIBATA -
 Selain hiburan anak-anak ini, cukup banyak juga penjual minuman dan makanan kecil seperti kacang rebus dan telur, och y pada saat di pelabuhannya juga ada kantin kecil yang menjual berbagai minuman dingin, tatpi sayang nya tidak ada jual makanan nasi hiks.. alhasil kami kelaparan saat itu ;(

Perjalanan +- 1 jam an, tidak terlalu terasa karena kami asyik-asyik sendiri dengan berfoto-foto dan menikmati pemandangan Danau Toba nan luas ini. Kalau melihat kapal ferry kecil, keliatannya mereka cepat sekali jalannya, kapal ini lama bnerrr wkwkwk.. Kebayakan yang naik kapal ferry itu bule-bule c..

Dikapal yang kami naiki ini, tidak luas sich, isi na mobil – bus, truk, dan kalau kebelakang itu kotorr, dan agak berbau, jadi nya kami tidak menjelajah daerah sana.

Tiba di Tomok, sekitar jam 15.30, kami langsung mencari penginapan ( saya tidak booking sebelumnya karena saya tidak yakin akan tempat nya, mending go show ), pertama hotel yang saya kunjungi adalah ‘Carolina Hotel’ dibilang jauh – ya gak jauh dari pelabuhan Tomok, tapi dibilang deket, kalau jalan kaki sich ampun tobat juga tuch wkwkwk.. Och ya di pulau ini banyak sekali penyewaan motor nya lho, dan bule-bule disini banyak yang sewa motor juga ^^

Kembali mengenai Hotel Carolina, dari depan hotel nya memang unik dan agak tua, tapi menurut saya sich berseni J bangunan adat batak, menarik, harga hotel ini juga terbilang sangat murah berkisar antara Rp. 45.000 – Rp. 430.000,- ( family room ), semua kamar di pulau ini tidak ber-AC, pilihanya paling ada air panas dan tidak nya.

Awal nya saya tertarik akan kamar Deluxe nya diharga Rp. 170.000,- sudah ada air panasnya, tempatnya oke – pemandangan oke, tapi kenapa saya batal – karena dipintu nya banyak semut, saya agak ngeri juga y L hiks.. dan karena saat itu saya sedang BBM an dengan teman yang menyarankan untuk mencoba di Samosir Villa resort, akhirnya saya memutuskan untuk melihat Samosir Villa ini terlebih dahulu, toh mereka benar-benar bersebelahan lokasi nya..


Ok d capcus ke hotel sebelah, kata nya Samosir Villa Resort ini adalah hotel paling baru saat ini di pulau Samosir, dan saat saya melihat harga nya pun, sepertinya masih masuk akal Rp. 350.000 – Rp. 815.000,-
Dan untungnya yang harga Rp. 350.000,- saat itu ada J kalau sampai merogoh kocek Rp. 815.000 c saya pastinya mikir-mikir lagi hehehehe..

Pilihan kamar nya pun banyak, dan kami sudah melihat ke-3 nya, akhirnya saya mengambil kamar berhadapan danau bagian atas ( kalau bagian bawah – mahal punya :D, kalau yang lagi honey moon oke juga nich, suasana nyaaa kya mendukung banget hahahaha ), dan 1 kamar lagi di depan kolam renang.

Tiap kamar nya tergolong cukup luas, ada ruang tamu kecil, meja tamu, kasur queen size, tv, lemari, berikut penampakannya :


Sesudah dapet tempat bermalam, saat nya cari makan hiks-hiks.. laperrrrr.. keliling-keliling kq tempat ini cukup gersang ya L dijalan kanan-kiri perumahan – hotel-tanah kosong – kerbau-guguk :D hehehe..
Saya sich cukup terhibur dengan banyak nya sapi and kerbau disekitar, kyaaaa.. saya senang sekali, beberapa kali saya meminta untuk berhenti dipinggir jalan untuk berfoto dengan si kerbau, tetapi beberapa kali juga yang lain gak mau akhirnya ada kesempatan dimana tanah lapang luasss banget dan ada beberapa kerbau merumput disana, pemandangannya oke dech^^ dan saya siap berfoto dengan si moo.. Hmpp, awal nya serem sich takud di tanduk – hari pertama K.O gk lucu d.. Untungnya si Abang bisa menjinakannya, dielus-elus hidungnya dan nurut :D YAY!! Abang jagoan dech hahaha..

Sesuai berfoto, kami menelusuri jalanan kembali kearah pelabuhan, dan dijalan kami teringat akan Si Gale-Gale yang terkenal di pulau ini, dimanakah itu? Ternyata tidak jauh dari pelabuhan, disana ada sederetan pedagang-pedagang kaki lima di kanan dan kiri jalan, kalau dari arah pelabuhan gang ini ada disebalah kiri jalan, mobil kami parkir apa ada nya di pinggiran jalan, lalu kami berjalan seperti gang – masih tetap banyak pedagang-pedagang yang menawari kami barang ini dan itu.. “ murah kak, sini-sini” – “ayolah kak beli sedikit”, dan lain-lainnya yang terkesan agak memaksa.

Tak lama kami berjalan – gak terasa ( karena sambil celingak-uk kanan kiri mencari ‘buruan’ :P ) sudah terdapat 1 area dan 1 rumah adat dan di depannya pun ada patung sigale-gale yang sebelumnya sudah kami pernah lihat melalui gambar di web, menanyakan acara nya, karena tidak ada orang lain yang hendak menonton pertunjukan tersebut, maka kami dimintai biaya sebesar Rp. 80.000,- jika ingin ada pertunjukannya, hmpp.. rasa nya aneh yak klo cuma sendiri begini.


Akhir nya kami hanya berfoto-foto dan memberikan sumbangan ke kotak yang sudah disediakan saja, dan lanjut berjalan sebentar kembali kami melihat makam raja. Disini saya gak berani d foto sama makam - kayak na … hmmpp, scary aja wkwkkwwk… Setelah dari sana kami melewati kios-kios yang sebelumnya kami lewati, dan kembali lagi ibu-ibu penjual nya meneriakan ‘ ayo beli kak, kan udah janji? Bagi-bagi rejeki’ dsb d.. kyaaaa.. kapan juga janji nya >.<”~ ya udah d kami memasuki beberapa toko, untuk membeli kain pashmina, tadi nya si mama tertarik sama kain ulos, tapi karena harganya min Rp. 300.000,- saya piker nantinya untuk apa ya?! Duink duink.. jadi nya beli kain pashmina biasa, baju tidur, gantungan kunci ala rumah gadang, dan ikan pora-pora ( ikan dari danau toba yang di asinin, dan garink ) bole dicoba d hanya Rp. 5.000,- kq, tapi setelah beli 1 itu bakal ditwarin hal lainnya L hahhaa..

Setelah berbelanja seadanya, saat nya nyari makan nich, waktu sudah menunjukan pukul 5 sore, dan kami belum makan apa-apa.. hadohh.. Akhirnya karena sudah mengitari dari pelabuhan sampai hotel tidak ada yang terlalu menarik, akhirnya tidak jauh dari hotel ada warung makan bernama ‘RM Islam Murni’, ternyata di kota Medan ini, kalau rumah makan islam, banyak yang diberi nama seperti ini karena untuk membedakan mana yang benar halal dan yang tidak. Dan di pulau ini bener-bener susah mencari makanan enak, no indomart or alfamart apa lagi 7eleven hehehe,, So, RM Islam Murni ini adalah makanan yang terenak yang saya temui di pulau ini hehehe..
RM nya seperti warteg sich kalau di Jakarta, ada ikan tongkol, daun singkong, dan  semacam itu lainnya.
Kami makan ber-4, dengan puas dengan nambah nasi pula hanya Rp. 73.000,- gimana? Oke kan?! J
Seusai makan siang menjelang mala mini, kami tidak ada kegiatan kemana-mana, dan akhirnya kami balik menuju hotel.


Untung nya hotel kami lumayan bagus, sehinga gak bĂȘte juga sich, sore nya kami bisa berkeliling hotel melihat pemandangan Danau Toba nan cantik, tentu nya foto-foto sekitar juga dech hehehe, ada kolam renang nya lumayan oke – tapi kq air nya dingin banget ya… grrr gak kuat ach.. Tidak lama Hujan deras pun turun, lumayan duduk-duduk di teras dan gajebo dekat pinggir kolam, menurut saya sich romantis hahaha.. sehabis itu saya isenk main bilyard dan bola ping-pong, walaupun ngaco mainnya, lumayan buat seru-seru an wkwkwk, seusai itu kami kembali ke kamar masing-masing dan siap mandi.

Accident kamar mandi pun terjadi, air panas kamar saya ternyata menggunakan batre, sehingga kadang panas – dan tiba-tiba dingin, dinginnya mending dingin ‘aja’ ini dinginnya ‘luar biasa’ kyaaa gk bisa gk bisa.. uda rela-rela nginep disini buat nyari kamar yang enakan – dan ada air panas nya, tau-tau gk bisa air panas nya >.<”~ gk terima dech…

Ribet sana-I pun terjadi, alhasil saya menggigil dikamar mandi, kira-kira 1 jam kemudian br kata nya bisa kembali air panas nya, saya sebellll banget sama kamar ini, pas saya mulai melanjutkan acara mandi saya, ternyata air panas pun tidak constant kadang shower bisa panas BangeT, kadang berubah dengan sendiri nya menjadi dingin BangeT >.<”~ I hate this!!!

Seusai bersih-bersih, saya mengakhiri malam saya di kamar ditemani suara hujan, TV dengan siaran HBO, lalu dengan internet berkecepatan MAX – Wow.. keren juga ni hotel, wifi nya cepet banget banget hehehe.. dan sekitar jam 20.30 an kami terkapar dan zzzzZZZ.. ( jarang-jarang bisa tidur cepet jam segini hahaha )..

Lanjut ke Medan ( Berastagi ) Day 2 of 3 http://tinyurl.com/akg95a7

2 comments:

  1. Hi Boleh share mungkin rental mobil nya di sana dengan siapa? Gimana driver nya? Harga berapa ya per hari nya? Soalnya saya juga lagi mau ke medan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. :( maaf telat banget sepertinya balasnya..
      Namanya Abdul Haris - di no hp: 0819.861.009 /by email di: keretatour@yahoo.com

      Delete

M