Saturday, November 30, 2013

Coto Gagak - Makassar


COTO MAKASSAR
Jl. Gagak No. 27
Telp. +62 411.870800+62 411.870800

Kota Makassar memiliki berbagai macam kuliner khas yang patut untuk dicoba, yang terkenal diantara nya yakni, pisang ijo, aneka seafood, dan coto Makassar. Bisa dibilang, jika belum mencoba salah satu nya berarti belum ke Makassar. So tunggu apa lagi? Untuk hari pertama saya dikota ini, saya wajib untuk mencoba salah satu dari menu khas tersebut, dan saya memilih Coto Makassar.

Awal browsing di Ms.Google sebelum perjalanan ini saya juga sempat heran dengan nama Coto Gagak, terbesit apakah dagingnya dibuat dari daging burung gagak, hehehe.. ternyata setelah ditelusuri nama Gagak disini diambil dari nama jalan.


Beberapa yang terkenal ada di daerah jalan Gagak dan jalan Unta. Nama jalan di kota Makassar cenderung berkelompok, jika nama binatang, pasti lah daerah nya tidak terlalu berjauhan, karena yang banyak dibicarakan orang adalah Coto Gagak, jadi nya saya pun mencoba menuju tempat ini menggunakan taxi.


Ada berbagai pilihan tempat makan yang sama di sepanjang jalan Gagak ini, karena agak bingung yang mana, kami memilih tempat yang jauh dari kesan modern namun terlihat ramai dari depan, terlihat banyak mobil dan motor parkir didepannya. Meja panjang kayu dan kursi plastik sederhana tertata di bagian dalam ruangan.



Kota Makassar memiliki ciri khas makanan dengan olahan daging berkuah dan bumbu rempah dari perpaduan banyak bumbu dapur, Coto Makassar memiliki dua (2) pilihan isi, yakni daging dan jeroan (paru, usus, babat), untuk yang tidak suka jeroan atau suka namun mau dikit aja, semua bisa diatur ada di-request sesuai keinginan pembeli.


Daging atau jeroan untuk Coto ini direbus bersama dengan bumbu rempah, kaldu jeroan sapi, air beras, kacang goreng halus, ketumbar, daun sereh,air beras atau susu untuk rasa gurih kuah nya. Coto Makassar tidak dimakan dengan nasi, sebagai gantinya adalah ketupat atau buras, namun jika ingin memesan nasi tempat ini tetap menyediakannya.


Disajikan dalam mangkuk kecil, isi terlihat cukup padat dengan kuah kental khas nya, coto ini memiliki daging yang empuk. Tidak lupa menambahkan tambahan lainnya seperti sambal, cuka, garam, dan jeruk nipis sesuai selera, ketupat atau buras yang tersedia di meja, dapat di potong langsung dengan cara dicampurkan kedalam mangkuk, atau pun disantap secara terpisah. 



For Info:
Perjalanan dari Mall Trans StudioMakassar : sekitar 20 menit (melewati danau, dan pantai Losari)
Taxi: IDR 44 K
---------------***-----------------
Coto Makassar: IDR 15 K
Ketupat / Buras : IDR 1 K/bh
Teh Tawar: IDR 2 K
 ---------------***-----------------

Kuliner malam ditempat ini merupakan ahir dari malam pertama kami di kota Makassar..
Go to Aston Makassar Hotel & Convention Center

No comments:

Post a Comment

M